Info Pendidikan | TIK | IPS | Karir

Situs Terpopuler Pengumuman UKA http://sergur.kemdiknas.go.id


Situs terpopuler disekitar waktu Pengumuman Uji Kompetensi Awal (UKA) Sertifikasi Guru Tahun 2012 tidak lain tidak bukan adalah http://sergur.kemdiknas.go.id/ . Situs ini menjadi satu-satunya pintu gerbang online untuk mengakses informasi pengumuman UKA maupun Sertifikasi Guru 2012. Inilah mengapa ketika hajat hidup ratusan ribu guru sedang dalam tingkatan tertinggi untuk mengetahui nasibnya di kelulusan UKA, sergur.kemdiknas.go.id menjadi situr terpopuler, tapi sayang kepopulerannya menjadi bumerang baginya, sergur.kemdiknas.go.id tidak dapat diakses karena terlalu banyak pengunjung.

Mulai saat pengumuman UKA dijadwalkan 18 Maret 2012, penundaan pengumuman UKA pada 18 Maret 2012 pagi, dan pengumuman UKA "tiba-tiba" keluar pada 19 Maret 2012 sore, sampai hari ini, ketika postingan ini dibuat, kunjungan ke sergur.kemdiknas.go.id pastilah sangat tinggi, kunjungan yang tidak akan terjadi pada hari-hari biasa.

Inilah dilema situs populer yang tidak dibarengi dengan infrastruktur sistem yang siap terhadap kunjungan super banyak seperti ini, parahnya fasilitas pemerintah ini tidak punya tempat lain sebagai alternatif untuk mengakses informasi yang dibutuhkan, sehingga ketika gerbang utama tertutup karena engselnya ngadat, pengunjung yang sangat berhasrat ini tidak punya jalan lain untuk mengakses informasi yang dibutuhkan.

Kurang siap? kesimpulan sementara memang panitia belum siap 100% dengan sergur online ini, paling tidak dibeberapa segi belum terlayani dengan baik, seperti ketika mulai pengumuman peserta sergur, update peserta, kisi-kisi UKA sampai dengan pengumuman UKA seperti ini. Website sergur.kemdiknas.go.id yang menjadi portal informasi Sertifikasi Guru Tahun 2012 mestinya bandel dan tahan banting, sehingga ratusan ribu peserta yang membutuhkan informasi dapat terlayani, paling tidak jika terjadi trouble tidak berlarut-larut seperti sekarang ini dan dapat segera diatasi.

Mempermaklumkan kendala situs populer semacam sergur.kemdiknas mungkin bisa untuk sebagian orang tapi saya yakin tidak untuk sebagain besar yang lainnya, peserta tahunya informasi ada di situs ini, ya harus bisa diakses dan yang dibutuhkan segera dapat diperoleh. Kenyataannya masih jauh panggang dari api. Pihak Kemdiknas yang mestinya bisa maklum dengan situasi dan menyiapkan infrastruktur yang memang siap untuk melayani para peserta, toh hanya mau lihat pengumuman, kok susah amat? apa tidak lebih baik juga menggunakan media cetak untuk mengumumkan sehingga ada alternatif sumber informasi, tidak hanya satu jalur, dan saya yakin ini akan lebih menjangkau.

Yang bisa kita maklumkan mungkin adalah bahwa sistem online ini adalah keniscayaan di masa sekarang ini, ketika kebutuhan akan informasi lebih banyak lebih cepat dan tersedia kapan saja. Kalau saja ternyata masih sedikit, lambat dan tidak tersedia sepanjang waktu, mungkin itu adalah proses belajar untuk mencapai sistem online di tahun depan yang lebih baik. Semoga.
4 Komentar untuk "Situs Terpopuler Pengumuman UKA http://sergur.kemdiknas.go.id"

memang jadul tu person2nya
gaptek..tidak bisa memprediksi resiko sistem on line

mmg btl tapi sabar aja pak,...orang sbr dikasih tuhan,..he

desooo,emang desoooo

yah baru pertama kan, baru belajar, kedepan mesti lebih baik lagi

Back To Top