Diary PLPG 2012 : Hari Pertama

By
Advertisement
Hari pertama PLPG Sertifikasi Guru Tahun 2012 Gelombang 2 Rayon 111 UNY, bertempat di Hotel Pangeran Emas Jl Sisingamangaraja 95, Yogyakarta

Sesuai jadwal, penulis bergerak menuju lokasi jam 11an dan sampai di TKP jam 12an, ternyata depan lokasi PLPG sudah banyak orang dengan bawaan yang berjibun, mereka adalah peserta PLPG Gelombang 1 yang baru saja selesai dan sedang bergerak kembali ke kehidupan nyata lagi : bertemu keluarga! wah pasti senang ya.. :)

Setelah check in segera menuju kamar no 301 yang masih menyisakan kehebohan setelah ditinggalkan penghuni sebelumnya, sebuah kamar ukuran sekitar 5 kali 5 meter yang penuh bed untuk 6 orang. Fasilitas lumayan, kamar mandi dalam, AC, dan TV. Cuma waktu masuk bau aneh membahana seluruh ruangan, jadilah langkah pertama adalah membersihkan wc dan menyemprotkan wewangian ke seluruh kamar... jadi lebih fresh! dan wangi :)

Acara berikutnya registrasi: mengisi form registrasi dengan menempel 2 lembar foto 3 x 4 background kuning di  form tersebut. Pengumpulan berkas yang sudah dibawa dari rumah, ada SPPD rangkap 3 cap basah, dan surat tugas. Dari panitia mendapat kartu peserta yang harus ditempel foto sendiri dan seminar kit berupa map mika berisi : modul 1, modul 2, ballpoint, pensil 2B dan karet penghapus.

Acara berikutnya adalah pembukaan PLPG dilanjutkan coffe break dan kemudian setelah sholat ashar dilanjutkan materi tentang Profesionalisme Guru, kuliah teori ini berlangsung dengan metode ceramah dan diakhiri dengan sesi tanya jawab. Sekitar jam 17.20 WIB acara selesai.

Tentang Hotel Pangeran Emas yang beralamat di Jl Sisingamangaraja No 95, Yogyakarta tempat berlangsunganya PLPG Gelombang 2 Rayon 111 UNY untuk mapel IPS dan IPA SMP ini dapat digambarkan sebagai berikut:
  • Hotel Pangeran Emas berlantai tiga, lantai pertama terdiri dari lobi, ruang makan, dapur, beberapa kamar peserta, aula, dan kamar panitia. Lantai kedua kamar-kamar bagi peserta putri dan sebagian di salah satu ujung untuk peserta putra. Lantai ketiga kamar putra, mushola (ruang pertemuan)
  • Parkir mobil di depan hotel, halaman depan muat sekitar delapan mobil. Untuk motor parkir ada disebelah kanan (jika kita menghadap hotel) yang beratap muat sekitar 30an motor, kalau lebih bisa tapi tidak ada atapnya.
  • Toilet ada di dalam tiap kamar atau didekat kamar,  untuk toilet luar ada di lobi, dan dekat parkir motor.
  • Air mineral galon disediakan disetiap lantai
  • Fasilitas kamar : televisi, AC, kamar mandi dalam (sebagian lain kamar mandi luar), air panas (di sebagian kamar saja), mushola (menggunakan ruang pertemuan)
  • Fasilitas koneksi internet hotspot dengan kecepatan lumayan dapat dinikmati hanya di lantai 1, lantai kedua dan ketiga tidak bisa.
  • Laundry dapat order ke resepsionis saja, nanti satu hari jadi. Atau kalau mau laundry luar bisa di dekat hotel sekitar 200 meter dari Pangeran Emas
  • Tempat foto kopi/alat tulis tidak terlalu jauh dari hotel, sekitar 200 meter ke arah kiri, penting untuk beli alat tulis, kertas untuk media atau jilid laporan. Kalau yang lebih lengkap bisa naik motor ke dekat Pojok Beteng Wetan atau sekalian  ke dekat Jogjatronik
  • Minimarket 24 jam agak jauh dari hotel tapi masih memungkinkan untuk dijangkau misalnya sambil jalan-jalan pagi sekitar 500 meter
  • Masjid ada beberapa disekitaran hotel, tinggal pilih mana yang paling pas dan dirasa paling dekat

Hari pertama masih cukup longgar acaranya, malam harinya tidak ada acara kecuali tugas untuk membaca modul yang tadi sudah dipaparkan dan modul untuk besok pagi. Oke demikianlah laporan kegiatan PLPG hari pertama, besok sambung lagi untuk hari kedua.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, mohon tidak menyertakan link aktif, terimakasih.