Diary PLPG 2012 : Hari Kedelapan

By
Advertisement

Diary PLPG 2012 : Hari Kedelapan

Hari kedelapan PLPG Gelombang 2 Rayon 111 UNY untuk mapel IPS dan IPA SMP di Hotel Pangeran Emas Jl. Sisingamangaraja Yogyakarta diisi acara tunggal yaitu peerteaching I. Kelas besar  IPS dibagi dalam tiga kelompok peerteching, kelompok A, kelompok B dan kelompok C. Sementara untuk mapel IPA ada dua kelas besar sehingga dibagi dalam enam kelompok. Masing-masing kelompok peerteching mendapat jatah ruang yang berbeda, ada yang dapat ruang kelas asal ( ruang kelas kelompok mapel) ada yang dapat ruang lain.

Pelaksanaan peerteching perkelompok dipandu oleh masing-masing satu pemandu. Untuk kelas kelompok A IPS, dipandu oleh bapak Sugiharyanto, M.Si dan alhamdulillah dapat ruang kelas mapel yang luas. Untuk peerteching pertama ini setiap kelompok peserta yang terdiri dari dua guru, secara bergiliran melaksanakan praktik mengajar dengan durasi satu jam perkelompok. Karena IPS terpadu maka setiap kelompok mempraktikkan pengajaran team teaching dengan membawa satu tema yang sudah dirancang perangkatnya pada workshop sebelumnya. Setelah satu kelompok maju ada sesi komentar dan tanggapan baik dari dosen pemandu atau juga dari peserta sebagai masukan untuk perbaikan pelaksanaan praktik pembelajaran terutama menuju peerteaching kedua yang sekaligus penilaian praktik.

Sampai dzuhur sudah tiga grup yang maju, dan sisa dua grup lagi maju setelah ishoma pertama. Kegiatan yang diduga akan 'lumayan menegangkan' ini ternyata berjalan santai dan banyak tertawanya. Ketika dua orang maju menjadi guru maka delapan orang yang lainnya menjadi muridnya. Guru yang menjadi 'murid' ini berlaku layaknya murid, yang kadang bertanya yang lucu atau membuat gurauan yang memancing tertawa, semua itu dilakukan untuk mencairkan suasana dan membantu tim yang sedang maju agar bisa santai dan lancar dalam praktik mengajarnya, apalagi pembelajaran IPS terpadu memang menekankan pada pendekatan PAIKEM yang memang harus menyenangkan.

Kegiatan hari ini berakhir sekitar jam setengah empat sore. Sebagian peserta memanfaatkan waktu senggang untuk beristirahat mengganti malam tadi yang harus lembur sampai larut. Malam hari kembali ruangan kelas ramai lagi untuk menyelesaikan perangkat kedua yang akan digunakan untuk peerteaching kedua besok pagi. Hampir jam dua malam ketika kelas mulai ditinggalkan, tapi seperti malam sebelumnya banyak yang masih meneruskan pekerjaannya di kamar masing-masing.

1 comment:

  1. thanks you.
    ingin downoad youtube mudah dan gratis selamanya, SMS Massal :klik aja :
    inggrisarab.blogspot.com

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar, mohon tidak menyertakan link aktif, terimakasih.