Diary PLPG 2012 : Hari Kesepuluh

By
Advertisement

Diary PLPG 2012 : Hari Kesepuluh

Hari kesepuluh PLPG Gelombang 2 Rayon 111 UNY untuk mapel IPA dan IPS SMP di Hotel Pangeran Emas Jl. Sisingamangaraja Yogyakarta adalah hari terakhir PLPG. Acara hari ini adalah Ujian Tulis dan penutupan.

Hari ini juga batas akhir pengumpulan produk hasil workshop selama PLPG. Selama workshop setiap kelompok (beranggotakan dua orang peserta) wajib membuat dua paket perangkat pembelajaran yaitu : PTK, Silabus/pemetaan materi, RPP, Bahan Ajar (modul pembelajaran), Media pembelajaran, dan LKS. Semua produk dijilid menjadi satu kemudian dikumpulkan ke panitia. Untuk Media pembelajaran yang tidak bisa dijilid bisa difoto untuk kemudian dicetak, juga media slide presentasi powerpoint dicetak handout kemudian disertakan.

Ujian tulis dilaksanakan per kelas kelompok mapel. Ujian tulis ini dilaksanakan dalam durasi 120 menit untuk 100 soal pilihan ganda (4 opsi) dan 5 soal uraian. Soal obyektif dengan LJK adalah soal dari Jakarta, sedang soal subyektif dari UNY. Model soalnya mirip-mirip dengan soal Uji Kompetensi Awal, bahkan ada yang sama. Namun tingkat kesulitannya lebih tinggi. Misalnya soal tentang pergeseran kurva permintaan yang relatif mudah menjadi sulit untuk dijawab karena kalimat dalam pilihan jawabannya rumit dan perlu kecermatan tinggi agar tidak terjebak dengan jawaban yang salah.

Soal Uraian berisi lima soal. Untuk mapel IPS Terdiri dari satu soal pedagogik, satu soal sejarah, satu soal geografi, satu soal sosiologi dan satu soal ekonomi. Masing-masing soal mempunyai sub soal a,b, dan c, bahkan ada yang sampai d. Soal dengan tingkatan analisis ini kalau dicermati semuanya sudah pernah disampaikan pada saat materi dan ada di modul, jadi kalau peserta memperhatikan dan  belajar dengan baik dimungkinkan bisa menjawab soal uraian ini dengan lancar jaya.

Setelah ujian tulis selesai, acara penutupan dilangsungkan setelah jeda sebentar. Dalam acara penutupan ini berisi sambutan dari panitia dan wakil dari peserta dan sambutan sekaligus penutupan oleh dekan MIPA UNY.

Setelah penutupan ditegaskan oleh panitia agar peserta tidak tertipu dengan modus penipuan mengatasnamakan panitia, atau bahkan rektor UNY dan meminta uang agar lulus PLPG, hal ini pernah terjadi di tahun 2011. untuk itu peserta diharapkan hanya mengacu pada informasi yang disebarluaskan panitia Sertifikasi Guru Rayon 111 UNY melalui situs web di  http://sertifikasiguru.uny.ac.id/ 
 .
Semoga hasil yang terbaik untuk seluruh peserta PLPG Golongan 2 Rayon 111 UNY di Hotel Pangeran Emas, baik IPS maupun IPA. Sukses!

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, mohon tidak menyertakan link aktif, terimakasih.